2010/10/10

1. Sailing Stones

fenomenaalam1
Misteri batu yang dapat bergerak pada padang pasir berlapis lumpur di Death Valley telah menjadi pusat kontroversi ilmuan beberapa dekade terakhir.
Batu di atas mempunyai bobot hingga ratusan kilogram dan telah diketahui dapat bergeak hingga ratusan meter pada saat yang bersamaan.
Beberapa ilmuan menyimpulkan pergerakan ini disebabkan oleh kombinasi angin yang kuat dan permukaan tanah yang terdapat
butiran es.
Bagaimanapun teori tersebut tidak dapat menjelaskan bukti bahwa berbagai batu bermula pada posisi yang berdekatan, namun bergerak pada rasio yang berbeda dan arah yang berbeda. Dan untuk menggerakkan batu dengan berat ratusan kilogram dibutuhkan kekuatan angin hingga ratusan kmph.

2. Columnar Basalt

fenomenaalam2
Fenomena ini terjadi saat lava tebal mengalir dan mengalami kontraksi vertikal serta retakan tegaklurus dari arah pergerakannya menyebabkan terjadinya pengulangan geometri. Pada kebanyakan kasus terjadi pembentukan grid yang berbentuk heksagonal yang terlihat seperti buatan tangan manusia.
Contoh yang paling terkenal adalah the Giant’s Causeway pada tebing pantai Irlandia. Namun yang terbesar yang pernah di temukan adalah Devil’s Tower di Wyoming.

3. Blue Holes

fenomenaalam3
Blue Holes merupakan jurang raksasa pada permukaan laut, lue holes atau lubang biru, dinamai demikian karena warna yang gelap kontras jika di lihat dari atas jika di bandingkan dengan sekitarnya yang merupakan permukaan dangkal.
Kedalamannya bisa mencapai ratusan meter. Para penjelajah yang telah memasuki lubang tersebut mendapatkan bahwa terdapat sedikit oksigen didalamnya dan tidak ada arus sehingga jarang sekali di temukan kehidupan, menjadikan lubang tersebut kosong.

4. Red Tides

fenomenaalam4
Red Tides dapat disebut juga sebagai kembang alga merupakan arus tiba-tiba dengan alga bersel satu yang memiliki warna yang sama dengan jumlah yang fenomenal yang mengubah seluruh area menjadi warna merah darah.
Beberapa dari kejadian ini relatif tidak berbahaya, namun beberapa dapat membawa racun yang sangat berbahaya sehingga menjadi fatal pada makhluk hidup di sekitar laut.

5. Ice Circles

fenomenaalam5
Kita dapat melihat bentuknya yang terlihat seperti lingkaran sempurna. Beberapa ilmuan sepakat bahwa kejadian ini merupakan akibat terbentuknya formasi akibat perputaran es dan pergerakan arus permukaan. Akibat dari rotasi ini dan masa jenis es yang lebih rendah dari air maka formasi ini terlihat seperti lingkaran sempurna.

6. Mammatus Clouds

fenomenaalam6
Bentuknya yang sangat luar biasa dan asing dari penglihatan manusi, Mammatus Clouds merupakan tanda akan datangnya cuaca yang ekstrim atau akan terjadinya badai.
Terbentuk dari berbagai macam formasi es dan memanjang hingga ratusan kilometer. Dibalik bentuknya yang cantik, awan ini merupakan pesan akan terjadinya bencana.

7. Fire Rainbow

fenomenaalam7
Terjadinya pelangi ini merupakan kejadian yang sangat langka, karena waktu dan tempatnya harus tepat serta keadaan matahari dan awan harus sesuai.
Kristal pada awan akan memecah sinar menjadi berbagai macam cahaya tampak pada spektrum cahayanya, karena kelangkaan dari fenomena ini maka untuk mendapatkan satu fotonya saja merupakan suatu prestasi.

8. Sinkhole

fenomenaalam8
Sinkhole merupakan fenomena alam yang paling mngerikan.
Air dibawah permukaan bumi mengikis secara terus menerus, sehingga pada beberapa kasus pengikisan terjadi longsor yang secara tiba-tiba kedalam bawah bumi. Yang menyebabkan kejadian ini sangat mengerikan adalah , sebelum terjadinya longsor yang secara tiba-tiba, permukaan bumi terlihat biasa dan tidak ada tanda2 signifikan yang memberikan peringatan.
Sinkhole pada perkotaan bisa mencapai ratusan meter dan telah mengakibatkan 12 rumah terhisap kedalam bumi.

9. Penitentes

fenomenaalam9
Nama tersebut dinamai dari ujung topi dari biksu New Mexico, Penitentes terjadi akibat formasi natural es yang meruncing tajam ke arak sinar matahari.

10. Lenticular Clouds

fenomenaalam10
Pernah berpikir tentang UFO yang sebenarnya??
Lenticular Clouds adalah masa dari awan dengan kekuatan internal yang mengarah keatas akibat perbedaan tekanan. Bentunya sering disalah artikan dengan misteri piring terbang atau UFO.
Secara umum awan lenticular terbentuk saat angin kencang bergerak mengintari objek besar seperti gunung.

11. Light Pillars

fenomenaalam11
Fenomena ini terlihat saat cahaya dipantulkan oleh kristal es baik dari bawah maupun dari atas.

12. Sundogs

fenomenaalam12
Sun dog / sun halo adalah fenomena lain yang melibatkan matahari.

13. Fire Whirls

fenomenaalam13
Fire Whirls / fire devils / tornadoes terlihat saat terjadi kebakaran yang sangat besar, saat terjadi kombinasi antara iklim dan cuaca serta kebakaran yang besar.
Fenomena ini juga terjadi saat terjadi gempa atau badai petir dan bisa sangat berbahaya. Pada beberapa kasus, area di dekat putaran pun dapat menyebabkan loncatan api yang sangat panas dan fatal.
Fire Whirls yang pernah diketahui memiliki tinggi mencapai 1 mile dan memiliki kecepatan angin hingga 100mph dan bertahan selama 20 menit.

14. Orange Moons

fenomenaalam14
Fenomena terakhir adalah sesuatu yang orng sering lihat yaitu bulan berwarna jingga yang sangat indah, Apa yang menyebabkan fenomena ini?
Saat bulan terlihat lebih rendah dari cakrawala, pancaran cahaya terpantul ke atmosfer berulang-ulang sehingga tinggal hanya cahaya orange dan kuning.
—sumber: kaskus.us free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar