2012/02/27

Kutil merupakan daging tumbuh yang ditimbulkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). Penyakit ini tidak menimbulkan sakit pada tubuh orang yang terjangkit namun keberadaan kutil sering mengganggu dan membuat orang yang terjangkit merasa malu. Kutil bisa tumbuh dimana saja dibagian tubuh kita. Jenis HPV atau virus penyebab kutil pun bermacam-macam , ada yang tidak berbahaya ada juga yang berbahaya. Kutil pun bisa tumbuh menyebar dibeberapa daerah kulit manusia diseluruh tubuh. Jika kondisi imune kita menurun, maka kutil akan sangat cepat membesar dan beranak-pinak.

Cara menghilangkan kutil yang tumbuh dipermukaan kulit adalah sebagai berikut :

1.  Asam Cuka atau Venegar


Cuka atau bahasa ilmiahnya CH3COOH merupakan jenis asam lemah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Cuka juga bisa digunakan untuk mengobati kutil karena cuka mengandung bahan yang dapat merusak jaringan pertumbuhan kutil dan melepaskan kutil sampai akar-akarnya.

Caranya adalah teteskan cuka pada kapas lalu oleskan pada kutil, setelah penggunaan selama 3-4 minggu maka kutil akan lepas hingga akarnya. Menggunakan cuka untuk menghilangkan kutil akan menbuat kulit terasa sedikit perih, namun itu bukan masalah demi untuk menghilangkan kutil yang membandel.

2.  Kapur Sirih dan Sabun Colek/Deterjen.

kapur sirih
deterjen
 
Pengobatan dengan cara ini memang merupakan cara yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Kapur sirih dan sabun colek jika digunakan secara bersamaan atau dicampur akan bisa mengeringkan lapisan kutil dan jika rajin digunakan maka kutil akan copot hingga akarnya.

Caranya mudah,

Pertama                : siapkan kapur sirih ¼ sendok teh.

Kedua                   : siapkan sabun colek sebanyak ¼ sendok teh juga.

Ketiga                   : campurkan sabun colek dan kapur sirih dengan perbandingan 1:1.

Keempat               : oleskan campuran tadi di bagian tubuh yang terdapat kutil dengan menggunakan cotton bud.

Kelima                  : tunggu hingga mengering lalu basuh dengan air hangat, jika kutil belum juga hilang maka Anda harus melakukan proses ini untuk beberapa kali sampai kutil hilang.

Keenam                : setelah kutil hilang, oleskan bagian yang terdapat bekas kutil tadi dengan betadhine untuk mengeringkan luka akibat hilangnya betadin. 


3.  Daun Dewa
Daun Dewa
Pada zaman dahulu, daun dewa digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai obat pengilang kutil atau tahi lalat atau mengobati luka bekas terpotong.

Bahan yang dibutuhkan                : 5 lembar Daun Dewa

Cara yang dilakukan                    : kelima lembar daun dewa dicuci dengan air hangat hingga bersih. Kemuadian daun dewa dihancurkan dengan digiling halus, setelah itu balurkan kulit yang terdapat kutil dengan daun dewa yang telah halus. Lalu balut dengan kain kasa agar gilangan daun dewa tidak berjatuhan.


  
4.  Biji Jali
Biji Jali
Cara menghilangkan kutil dengan biji jali memang tidak familiar namun cara ini bisa ampuh banget untuk menghilangkan kutil di tubuh kita.

Bahan yang dibutuhkan                : - Biji Jali Kering sebanyak 15-60 gram
                                                     ­- 6 gelas air
Cara yang dilakukan                    : rebus biji jali dengan 6 gelas air. Diamkan sampai tersisa sebanyak 2 gelas air, lalu saring air rebusan tersebut dan minum 2x sehari. 1 kali minum sebanyak 1 gelas.

Kita perlu tau loh jika kutil bisa sangat berbahaya. Kutil yang tumbuh di daerah serviks (saluran pembatas antara bibir vagina dan rahim) pada wanita bisa mengakibatkan Kanker Servik. Kanker serviks pada vagina hanya bisa disembuhkan dengan melakukan operasi dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kutil jenis ini juga disebabkan oleh cairan atau darah orang yang terjangkit HPV kepada orang lain melalui hubungan intim tanpa alat pengaman. Jadi disaat organ intim kita mengalami luka atau ada goresan luka, maka virus tersebut segera menyerang luka tersebut dan memunculkan daging yang bisa membesar dan menyebar kemana-mana. Selain itu, pertumbuhan virus ini akan semakin cepat jika imune atau antibody ditubuh kita lemah. Oleh karena itu, kita perlu juga mengonsumsi obat yang bisa meningkatkan imune kita.
kanker serviks

Selain dapat tumbuh di serviks, kutil juga bisa tumbuh di sekitar lubang anus yang bisa kita sebut “Jengger Ayam”. Disebut jengger ayam karena bentuk dari kutil ini menyrupai jengger ayam yang lebar dan menjuntai. Untuk menghilangkan jengger ayam, kita bisa melakukan operasi kecil untuk membakar sang kutil dengan menggunakan “soldier” atau dibedah, dan pembekuan. Jika takut dioperasi, kita juga bisa membeli obat penghilang kutil di apotik-apotik terdekat. Jengger ayam ini juga disebabkan oleh hubungan sex tanpa pengaman sehingga menyebabkan cairan atau darah orang yang terjangkit dan darah yang tidak terjangkit bertemu dan menyebar di tubuh orang yang mulanya tidak terjangkit virus ini. Sama dengan kanker serviks, jika imune atau antibody ditubuh kita melemah, maka virus ini akan sangat cepat menyebarnya.
Penyakit jengger ayam
 
Maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh kita agar terhindar dari serangan virus HPV. Semoga tulisan saya ini berguna buat para pembaca sekalian.
TERIMA KASIH
 Sumber : http://entertainmentgeek-jimmy.blogspot.com
free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar