2012/07/13


Setelah kemarin (12/03), NASA berhasil menemukan bulan kelima Pluto dengan menggunakan Hubble Space Telescope, kini terdapat pemberitaan baru lagi yang mengabarkan bahwa NASA dengan Hubble Space Telescope-nya juga berhasil mengambil beberapa gambar tiga galaksi tua yang kemungkinan nantinya dapat membantu para astronom dan ilmuwan menjawab misteri kosmik 13 miliar tahun lalu tersebut.

Karena sampai sekarang para astronom belum berhasil menjabarkan secara mendetail seputar galaksi-galaksi tua tersebut, maka para astronom sepakat menggolongkan galaksi-galaksi tersebut dalam golongan Ghost Galaxies atau galaksi-galaksi hantu. Menurut penjelasan ilmuwan yang dikutip oleh CBSnews.com, "Galaksi-galaksi tersebut dapat dikatakan sebagai tempat penimbunan fosil di awal terciptanya alam semesta ini. Kemungkinan galaksi-galaksi ini berumur sekitar 13 miliar tahun yang lalu."

Ketiga galaksi yang berhasil diidentifikasi oleh Hubble Space Telescope tersebut bernama Hercules, Leo IV dan Ursa Major. Selain digolongkan dalam galaksi hantu, para astronom juga menyebut ketiga galaksi tersebut sebagai dwarf galaxies atau galaksi kecil. Estimasi awal dari para ahli menyebutkan bahwa galaksi-galaksi tersebut hanya memiliki lebar sebesar 2000 tahun cahaya saja. Jarak ketiga galaksi tersebut dengan bumi sekitar 330 ribu sampai 490 ribu tahun cahaya. 

Seperti perkiraan para ahli, sampai sekarang baru sedikit saja galaksi yang berhasil diidentifikasi oleh manusia. Para astronom memperkirakan masih banyak galaksi lain yang kemungkinan berumur sama dengan galaksi Bima Sakti atau lebih tua lagi dari ketiga galaksi yang baru ditemukan ini.


http://www.merdeka.com free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar