2012/07/19

Pada hari Rabu (18/07) kemarin, melalui satelit NASA terdapat laporan bahwa sebuah gunung es yang berukuran sekitar dua kali luas Manhanttan, Amerika Serikat atau sekitar 46 mil persegi tersebut terbelah menjadi dua. Gunung es raksasa ini terletak di Petermann sebelah barat laut Greenland.


Seperti yang diketahui empat sampai lima persen permukaan Greenland adalah permukaan yang tertutup es dan Petermann adalah suatu tempat yang secara keseluruhan tertutup oleh salju dan es. Selama beberapa tahun, peneliti mengawasi daerah tersebut karena telah muncul retakan-retakan di sekitar Petermann dan retakan tersebut.

Menurut yang dirilis oleh Cbsnews.com, dua tahun lalu kejadian serupa juga pernah terjadi dan mengakibatkan berubahnya pemetaan wilayah Greenland karena luas bagian yang terpisah sangat besar dan luas. Para peneliti memperkirakan bahwa penyebab utama terpisahnya gunung es dengan Greenland tersebut dikarenakan oleh global warming atau pemanasan global.

Walaupun menyimpulkan bahwa global warming adalah penyebab pecahnya salah satu permukaan di Greenland tersebut, namun para peneliti belum berani membuat pernyataan resmi karena mereka masih akan terus meneliti penyebab utama dari hal tersebut karena kurangnya bukti-bukti pendukung. Sampai saat ini, banyak glasier di selatan Greenland yang mencair secara cepat tanpa diketahui penyebab pastinya.

Menurut seorang peneliti dari National Snow and Ice Data Center in Boulder, Colorado bernama Ted Scambos, "Dengan mencairnya banyak permukaan es di Greenland sampai saat ini maka hal tersebut menambah dan menaikkan level permukaan air laut. Namun, lain dengan pecahnya permukaan di Petermann tersebut tidak menambah volume dan level permukaan laut karena ukurannya terlalu besar."

Para peneliti mencatat bahwa proses pemanasan suhu di Greenland dan Kanada saat ini lima kali lebih cepat dari temperatur rata-rata dunia. Selama 30 tahun terakhir ini, di daerah tersebut suhunya naik sekitar 4 derajat Fahrenheit dan sampai saat ini banyak permukaan es di sekitar Greenland serta Kanada yang dilaporkan mulai meleleh.

Dengan melelehnya sebagian besar es di sekitar daerah kutub bumi ini meleleh maka dapat dipastikan bahwa beberapa puluh tahun lagi, banyak daratan yang akan tergerus air laut karena dengan melelehnya es di Greenland atau Kanada atau juga di Kutub Utara dan Selatan, makalevel permukaan air laut menjadi naik.
Apabila permukaan air laut naik maka banyak daerah pesisir yang juga terendam dan sedikit-demi sedikit terpangkas oleh quota air laut yang berlebih. So, jangan hanya berani berkata, namun buktikan dengan tindakan. Stop global warming.

free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar