2012/07/14

Apakah Anda adalah tipe orang yang gampang cemas? Waduh, sebaiknya perilaku itu cepat-cepat dihilangkan! Sebab sebuah penelitian terbaru menyebutkan rasa cemas yang berlebihan bisa mempercepat penuaan lho!

Para ahli menghubungkan fobia kecemasan, ketakutan tidak beralasan, seperti keramaian, ketinggian, atau dunia luar, dengan telomere wanita paruh baya dan tua. Telomere adalah penutup pada ujung kromosom yang melindungi materi genetik dari kerusakan.
"Banyak orang bertanya-tanya apakah stres bisa mempercepat penuaan atau tidak. Jadi penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bentuk stres psikologis, fobia kecemasan, dengan mekanisme penuaan itu sendiri," tutur Dr. Olivia Okereke dari Brigham and Women's Hospitaldi Boston, seperti yang dikutip dari My Health News Daily (12/07).
Semakin tua, biasanya telomere kita semakin pendek. Di antara sebagian orang pada usia yang sama, telomere yang memendek juga sering dikaitkan dengan risiko kanker, serangan jantung, demensia, dan risiko kematian yang lain.
Meskipun demikian, peneliti menyebutkan studi mereka hanya menyebutkan hubungan, bukan sebab akibat, dan ada kemungkinan bahwa orang dengan telomere pendek umumnya telah mengalami stres yang sama.
Okereke dan tim peneliti lain menganalisis informasi dari 5.243 wanita berusia 42-69 tahun. Untuk memeriksa fobia kecemasan para wanita itu, peneliti memberikan berbagai pertanyaan seperti, 'Apakah Anda tidak punya alasan saat takut ketinggian?' dan 'Apakah Anda suka panik di tengah keramaian?'
Dari hasil pertanyaan tersebut, peneliti menemukan hubungan antara nilai tertinggi dalam kuesioner dengan telomere yang lebih pendek.
Perbedaan panjang telomere pada wanita yang disebabkan karena fobia bisa dibandingkan dengan dua telomere wanita normal yang terpaut usia enam tahun.
Studi yang telah dilaporkan dalam jurnal PLoS ONE ini pun bahkan mempertimbangkan gaya hidup koresponden, seperti merokok, BMI, kekuatan fisik, dan usia ayah saat mereka dilahirkan. Hanya masalah pengalaman depresi yang tidak ikut dihitung dalam penelitian karena dianggap bisa mempengaruhi hasil studi.
Sekarang sudah jelas kan bahwa rasa cemas berlebihan yang tidak beralasan juga bisa mempengaruhi usia Anda. Jadi jika Anda juga mengalaminya, coba segera temukan cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah Anda itu.

free counters

About Me

Perkenalkan nama saya Whais YM seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar