2012/07/23

HIV/AIDS adalah salah satu penyakit mematikan yang menjadi mimpi buruk umat manusia. Sebab sampai sekarang, belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit itu. Sebuah studi terbaru pun mengungkapkan satu alasan kenapa tubuh manusia tidak bisa melawan virus HIV. Apa itu?

Protein pada virus HIV adalah pelakunya. Ketika HIV masuk ke dalam tubuh, virus tersebut menghasilkan protein bernama vpu yang langsung menyerang dan menghancurkan protein pertahanan pada sistem imun manusia. Secara normal, protein sistem imun harus bekerja mencegah virus melakukan replikasi dan menyebar dalam tubuh. Tetapi vpu tersebut mematikan tugas protein sistem imun, sehingga HIV dengan bebas menyerang manusia.
Penemuan itu didukung dari hasil percobaan di laboratorium. Para peneliti menggunakan virus tanpa vpu untuk ditemukan dengan sel sistem imun manusia. Ternyata, sel imun mampu melawan virus seperti keadaan normal pada umumnya.
"Kami berharap adanya penemuan ini bisa digunakan sebagai panduan obat HIV yang baru," tutur Michael Gale dari University of Washington di Seattle, seperti yang dikutip dari My Health News Daily (14/07).
Meskipun penelitian ini hanya menjelaskan trik sel virus saat menyerang di awal stadium masa infeksi, namun peneliti diharapkan bisa terbantu dengan proses virus yang terus menyerang tubuh sehingga memperparah kondisi seseorang.
Berdasarkan studi sebelumnya, pengidap HIV stadium rendah memang mengalami respon yang buruk pada sistem imun mereka. Sehingga adanya penelitian mengenai protein pada virus ini diharapkan bisa bermanfaat untuk penemuan obat HIV yang baru, yang mana selama ini virus juga kerap tahan terhadap berbagai jenis pengobatan yang sudah ada.
Meskipun suatu hari peneliti sudah berhasil menemukan obat yang tepat bagi penderita HIV/AIDS, bukankah lebih baik jika kita bisa mencegah penyakit tersebut? Sebab apapun yang terjadi, mencegah jelas lebih baik dari mengobati!

free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar