2012/09/12
Benahi postur tubuh untuk cegah sakit punggung

Sakit punggung adalah hal yang bisa terjadi pada siapa saja. Meski sering dialami oleh orang yang masih muda, tak jarang sakit punggung juga menyerang para manula.
Tanpa disadari Anda telah melakukan banyak kegiatan yang menyebabkan sakit punggung. Salah satunya adalah postur tubuh yang salah saat berdiri, duduk, maupun tidur. Dr Lim Kay Kiat, ahli bedah ortopedik dari Royal College Surgeons, menyarankan hal-hal berikut agar tak mudah terkena sakit punggung.
1. Olahraga umum
Olahraga tak dipungkiri lagi memang mampu membuat tubuh lebih bugar. Namun sebaiknya hindari olahraga yang terlalu berat. Alih-alih menyehatkan, olahraga berat malah bisa menyebabkan sakit punggung. Sebaiknya pilih olahraga yang sedang seperti berenang, bersepeda, dan jalan-jalan.
2. Fisioterapi
Melakukan fisioterapi dan olahraga yang spesifik, misalkan untuk memperkuat otot-otot inti (perut dan otot belakang) sangat baik dilakukan untuk mengurangi risiko sakit punggung. Anda juga bisa melakukan olahraga sejenis yoga dan pilates.
3. Hindari ikatan penyokong tulang belakang
Ikatan penyokong tulang punggung adalah alat yang digunakan untuk mencegah sakit punggung pada pekerja yang biasanya mengangkat beban berat setiap hari. Meski diniatkan untuk melindungi punggung, namun alat ini masih belum terbukti memberikan manfaat. Malah sebaliknya, beberapa bukti menunjukkan bahwa ikatan ini bisa menyebabkan sakit punggung.
4. Berdiri
Berdiri saja bisa menyebabkan sakit punggung. Jaga postur tubuh Anda dengan benar saat berdiri. Kepala tetap tegak dan perut ditarik ke dalam. Jangan membungkuk. Selain itu, hindari juga penggunaan sepatu hak tinggi.
5. Duduk
Bahkan, cara Anda duduk juga bisa menyebabkan sakit punggung. Jika Anda menghabiskan waktu kerja dengan duduk, maka pastikan kursi tinggi kursi Anda sesuai dengan tinggi meja. Pilih kursi yang memiliki sandaran punggung. Jika kursi tak memiliki sandaran, maka tambahkan bantal atau handuk yang digulung. Ini juga berlaku untuk kursi mobil.
6. Tidur
Alat-alat tidur, seperti kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras juga bisa menyebabkan sakit punggung. Setiap orang kemungkinan memiliki kebiasaan sendiri saat memilih kasur yang digunakan tidur, namun secara umum kasur yang empuk lebih disarankan.
7. Mengangkat barang
Mengangkat barang yang terlalu berat biasanya bisa menyebabkan sakit punggung. Saat mengangkat barang, teknik yang digunakan harus tepat. Punggung harus dijaga tetap tegak. Saat mengangkat, barang harus diletakkan dekat dengan tulang punggung untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang
8. Temui dokter
Beberapa hal lain seperti disfungsi kandung kemih, usus, demam, atau luka berat, bisa menyebabkan sakit punggung. Beberapa jenis kanker yang membuat penderitanya kehilangan berat badan juga terkait dengan sakit punggung. Sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter ketika sering mengalami sakit punggung tanpa sebab. Kemungkinan ini berkaitan dengan penyakit lain dalam tubuh Anda.
Meski terlihat remeh, Anda tak boleh memandang sakit punggung dengan sebelah mata. Segera periksakan diri Anda ke dokter, jangan menunggu hingga sakit punggung mencapai dua minggu. Sakit punggung yang tak diatasi akan membuat otot tulang belakang melemah dan rasa sakit yang berkepanjangan.
Sumber: merdeka.com
free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar