2012/09/06
Gangguan tidur bisa jadi salah satu tanda Alzheimer

Tidur terganggu dan bermasalah bisa jadi salah satu gejala awal Alzheimer, ungkap ilmuwan yang melakukan penelitian pada tikus. Kumpulan protein yang disebut plak pada otak ditengarai menjadi penyebab penyakit ini.
Kesimpulan tersebut didapatkan dari penelitian pada tikus yang menunjukkan bahwa perkembangan plak pada otak mulai mengganggu kualitas tidur.
Peneliti Alzheimer di Inggris berpendapat bahwa keterkaitan ini bisa sangat bermanfaat bagi dokter untuk mendeteksi Alzheimer sejak dini. Penanganan Alzheimer sejak awal sangat penting terkait dengan perawatan penyakit tersebut.
Kebanyakan orang tak akan menunjukkan masalah dengan ingatan mereka hingga mereka mengidap Alzheimer tahap lanjut. Saat terdeteksi, Alzheimer telah merusak sebagian besar otak dan semakin sulit, bahkan tak mungkin untuk disembuhkan.
Penelitian ini mengamati tikus yang biasanya tidur 40 menit di siang hari. Namun ketika plak mulai terbentuk di otak, tikus menjadi kurang tidur dan hanya tidur selama 30 menit di siang hari.
"Jika plak pada otak menyebabkan gangguan tidur, maka kami bisa mendeteksi penyakit Alzheimer lebih awal dengan mudah," kata Profesor David Holtzman, salah satu peneliti, seperti dilansir oleh BBC (06/09).
Meski begitu, temuan yang didapatkan dari tikus belum tentu sama dengan yang dialami manusia. Pada manusia, ada banyak hal yang menyebabkan gangguan tidur.
"Kami masih belum yakin mengenai pola gangguan tidur yang khusus karena pengaruh Alzheimer. Bisa jadi pengurangan waktu tidur, atau kualitas tidur yang buruk," kata Holtzman.
Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat bagaimana plak otak pada penderita Alzheimer berdampak pada tidur manusia. Begitu juga dengan gangguan pola tidur khusus yang menunjukkan gejala Alzheimer.
Sumber : merdeka.com
free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar