2012/10/07
Detik-detik mengerikan di rumah Jenderal Nasution

Keluar jenderal!"

Teriakan dan dobrakkan pintu pasukan Cakrabirawa sontak mengejutkan keluarga Menhankam Jenderal AH Nasution. Penasaran, sang Jendral coba menghadapi mereka namun istri Pak Nas menghalangi dengan alasan firasatnya buruk.

"Kemudian, ibu buka pintu kamar, dua tembakan para cakrabirawa menyasar dan menyerempet daun telinga ibu. Tepat di hari ini pukul 03.45," demikan yang diceritakan Royen Suryanto pemandu museum AH Nasution di Jalan Tengku Umar no 40, Jakarta, Minggu (30/9).

Tak kena, pasukan Cakrabirawa mengejar istri Nasution hingga ke kamarnya. Ade Irma yang saat itu berumur 5 tahun menangis ketakutan. Bak pahlawan bagi suaminya, Johana Sunarti menahan pintu kamar dari serangan pasukan yang dipimpin Kopral Hargiono.

"Lalu, Ade Irma diserahkan ke Mardiyah, adik Pak Nas. Tapi saat itu Mardiyah penasaran mendekati pintu dan tertembaklah Ade Irma di punggung, Mardiyah di tangan," lanjut Royen.

Peristiwa berdarah ditutup dengan larinya Jenderal Nasution. Dia meloncat tembok kedutaan Irak. Gerombolan Cakrabirawa akhirnya menangkap ajudan Nasution, Letnan Pierre Tandean.

Akibat tembakan tersebut, nyawa Ade Irma dan tak tertolong lagi setelah sebelumnya sempat mendapat perawatan selama enam hari. Gadis berumur lima tahun ini meninggalkan pertanyaan.

"Ade salah apa, kenapa ditembak? Ade sayang mama papa...," katanya saat menghembuskan nafas terakhir.

Diorama museum ini dipenuhi banyaknya pasukan Cakrabirawa berbaju coklat dengan raut muka seram. Pasukan ini dibuat tiruannya berdasarkan ingatan dari istri Nasution.

"Wajahnya dibuat dari apa yang dilihat bu Nas, salah satunya Kopral Hargiono yang akhirnya mengaku dan dibuang ke Nusa Kambangan," terang Royen.

Bukan hanya tiruan pasukan Cakrabirawa dan juga ade Irma yang bersimbah darah. Pengunjung juga seakan merasakan tegangnya suasana saat itu dari banyaknya bekas tembakan yang tak berubah.

Sumber: merdeka.com
free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar