2012/02/16

Banyak tokoh yang terkenal yang tercatat di buku sejarah dunia, bukan karena kekayaan atau jabatannya, melainkan karena kemampuan mereka dalam hal berbicara dan menginspirasi jutaan orang. Kemampuan inilah yang dinamakan dengan public speaking. Sebenarnya kemampuan public speaking bukan hanya sekedar berbicra tapi juga kemampuan menyimpulkan, improvisasi, menyampaikan pendapat, mengolah informasi dan menyampaikannya kembali, berpendapat/opini bisa sendiri atau ada dasarnya.
Kemampuan berbicara menjadi skil dasar maua gak mau harus kita pelajari kalo mau jadi orang sukses seperti orang-orang terdahulu. Namun kenyataan banyak banget orang yang grogi, minder, gak percaya diri untuk berbicara didepan umum, walau mereka tau ini sangatlah penting. Nah ni ada beberapa tips yang wajib kamu tau biar percaya diri saat berbicara didepan orang banyak.
 
Kuasai materi
Yups betul banget banyak orang yang grogi berbicara didepan umum karena mereka gak mengusai materi, dengan mengusai materi kita akan jauh lebih siap dan percaya diri saat berbicara (anggap diri kita yang lebih pintar).
 
Berpikir Positif
Saatnya merevolusi hidupmu rusak pola perasaan grogi yang negatif dengan katakan pada dirimu bahwa brbicara depan orang banyak itu mudah, buat pertanyaan apa ruginya kalo kita grogi? apa nikmatnya bila kita bisa mengusai panggung dan berbicara dengan lantang dan penu semangat?. Rasakan perasaan ini resapi, bantu dengan gerakan penuh semangat kalo perlu masuk kamar mandi dulu lompatlah gengam tanganmu dan katakn aku bisa,akau bisa!
 
Pahami Audien Anda
Siapa yang ingin Anda ajak komunikasi? Orang tua, dewasa, remaja atau anak-anak. Biasanya orang yang merasa grogi karena mereka merasa berada “diluar” kelompok audien. Mereka tidak bisa masuk ke dalam dunia audien.
 
Buat mind maping
Petakan pikiran anda milikilah catatan kecil untuk membantu urutan persentasi. Peta pikiran akan sangat membantu agar tidak keluar dari jalur/ topic yang dibicarakan.
 
Buat great story pembukaan yang menarik dan closing yang tak terduga
Seperti halnya film berbicara ditentukan oleh menit pertama yang dahsyat yang akan membuat audience terpana dan penasaran menunggu lanjutannya. Menit pertama sangat lah menentukan , buatlah sebuah cerita, atau berceritalah sesuatu yang dekat dengan kehidupan kita, buatlah juga ending yang tak terduga lihatlah contoh steve jobs dan Ir.soekarno saat berbicara dan persentasi.
 
Berlatih dan berlatih
Seorang pembicara hampir sama dengan penerbang (pilot). Makin tinggi jam terbangnya, makin mulus pula take off dan landing serta semakin pintar dalam menghadapi setiap krisis yang timbul. Demikian juga dengan seorang pembicara, makin sering ia latihan dan tampil, makin mahir ia berbicara, bertindak, dan bersikap.
Milikilah keyakinan yang benar bahwa persentasi atau berbicara didepan umum itu mudah bila tau caranya . semua itu butuh proses dan latihan yang penting yakin dulu aja milikilah keyakinan bahwa berbicara didepan umum itu mudah, gampang, karena kita yang lebih tau dari mereka, karena kita lebih berani berbicara dari pada mereka yang hanya duduk didepan mendengarkan. semua itu mudah kalo kita anggap mudah, so ngapain grogi dan gugup gak ada gunanya kawan !
free counters

About Me

Perkenalkan nama saya Whais YM seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

6 komentar :

  1. Thans infonya......setelah membaca trik ini aq jadi lebih percaya driri lagi.....memang betul untuk tampil di depan umum harus menguasai materi terlebih dahulu....

    sekali lagi thas aaaainfonyaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama2 :)
      terimakasih juga sudah mampir di blog saya ^_^

      Hapus
  2. kalau yg ini lain sop...saat mau bicara di forum terkadang nafas jadi tersengal-sengal seperti ada yang mengganjal didada la iki opo meneh....

    BalasHapus
  3. kalau cadel/tdk jelas mengucapkan "r" bagaimana?

    BalasHapus
  4. Thanks Infonya ya, sangat membangun :)

    BalasHapus