2012/07/26
Mungkin olahraga ini belum populer di Indonesia. Pegiatnya pun masih bisa dihitung dengan jari. Tetapi bicara tantangan, olahraga ekstrim ini bisa membuat adrenalin Anda mengalir deras, khususnya bagi pecinta kecepatan.


Gravity bike, video adu nyali turun gunung tanpa pedal


Dilansir dari situs Youtube, Selasa (23/7), video olahraga ekstrim itu diunggah oleh pemilik akun GravitybikeHQ Februari lalu. Sudah delapan ribu orang lebih melihat video berdurasi hampir tiga menit itu. Dari penjelasan mereka, prinsip kegiatan ini adalah menjalankan sebuah sepeda tanpa dikayuh dan menggunakan rantai. Sepeda itu dibiarkan menggelinding dengan bantuan gaya gravitasi. Lantaran tidak dilengkapi pedal pengayuh, maka sensasi kecepatan gravity bike hanya bisa dirasakan ketika dijalankan menurun di daerah pegunungan.
Mereka pun harus membuat sepeda dengan spesifikasi khusus. Rangkanya terbuat dari batang alumunium kotak dan dibuat mirip sepeda motor. Selain itu segitiga kemudi pun dibuat rendah dengan tambahan batang penstabil dan tutup setang.  Lengan ayun dengan sistem suspensi pun dibenamkan di buritan sepeda itu. Tidak ketinggalan, sistem pengereman depan belakang menggunakan cakram. Maka wajar harga pembuatan sebuah gravity bike cukup menguras isi dompet Anda. Urusan kenyamanan jangan berharap lebih lantaran bentuk jok sepeda itu sangat minim tanpa busa.
Meski terlihat sederhana, ternyata bermain gravity bike sangat membahayakan. Apalagi digelar di jalan raya. Maklum belum ada sirkuit didesain memiliki turunan panjang. Pengendaranya pun harus mengenakan baju balap kulit utuh, sarung tangan, dan sepatu balap seperti para pembalap motor. Mereka juga wajib mengenakan helm utuh menutup muka.
Para pengendara memulai perjalanan dengan mendorong sepeda mereka, setelah itu mereka membiarkan gravitasi menuntunnya dan mengikuti marka jalan. Jangan kaget, meski terlihat biasa saja, ternyata sepeda ini mampu menembus kecepatan hingga 130 kilometer per jam. Dibutuhkan refleks berkendara lebih buat mengendalikan sepeda itu. Mungkin hal ini bisa menjadi salah satu kegiatan alternatif buat mengisi waktu Anda di bulan Ramadan
Berikut videonya :
free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar