2012/07/13

Otot Anda sering terasa nyeri setelah berolahraga? Otot yang terasa nyeri setelah berolahraga memang sering terjadi. Ini berkaitan dengan kebiasaan olahraga Anda. Jika Anda jarang melakukan olahraga atau baru mencoba sebuah jenis olahraga baru, maka kemungkinan besar Anda akan mengalaminya.


Kegiatan seperti mendaki gunung, bersepeda, berlari jarak jauh biasanya bisa menyebabkan nyeri otot. Ini karena otot-otot Anda belum terbiasa dengan gerakan dalam olahraga tersebut. Akhirnya perbedaan kegiatan menyebabkan serat otot tertarik dan jaringan terputus. Namun jangan khawatir, tubuh Anda bisa memperbaikinya sendiri. Sebagai gantinya Anda hanya akan merasakan sedikit rasa nyeri pada tubuh Anda.
Nyeri otot juga memberikan Anda manfaat. Salah satunya adalah dengan membantu otot Anda semakin kuat dan meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan. INi adalah cara tubuh Anda untuk menyesuaikan otot dengan kegiatan yang baru. Dengan berjalannya waktu, tubuh Anda akan semakin terbiasa dengan kegiatan semacam itu dan Anda tak akan merasakan sakit lagi.
Lalu kenapa rasa nyeri sering datang setelah berolahraga? Ilmuwan mengatakan bahwa kontraksi otot yang berlebihan menyebabkan rasa sakit yang tertunda.
"Bayangkan otot sebagai penghubung yang lemah," kata Allan Goldfarb, seorang profesor di Department of Kinesiology di University of North Carolina, seperti dilansir oleh Huffington Post(09/07). "Protein otot yang lemah berkumpul bersama dan jika ada terlalu banyak tekanan, maka ikatan itu akan rusak."
Kerusakan ini akan mengaktifkan reseptor rasa sakit. Sementara itu otot-otot yang mengalami peradangan juga akan memberikan tambahan rasa sakit.
Nyeri otot bisa dikurangi dengan melakukan latihan pemanasan dan peregangan sebelum memulai olahraga. Selain itu, mengompres bagian tubuh yang nyeri dengan air es atau mandi dengan air es juga bisa meredakan rasa nyeri.

free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar