2013/03/16

Schiermonnikoog adalah sebuah pulau kecil yang terletak disebelah utara Belanda. Nama schiermonnikoog berasal dari kata "schier" yang berarti abu-abu, "monnik" yang berarti biarawan dan "oog" yang berarti pulau. Jadi secara harfiah schiermonnikoog bisa diartikan sebagai pulau biarawan abu-abu. Pulau ini merupakan salah satu pulau terunik di dunia karena pulau ini dapat berubah bentuk dan berpindah tempat.



Pada tahun 1250 pulau ini berada di tempat yang berjarak sekitar 2 km di utara posisi pulau yang sekarang, selain itu pada saat itu pulau ini juga memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan bentuknya yang sekarang. Sebenarnya pulau ini tidak benar-benar berpindah dan berubah bentuk. Perbedaan posisi dan bentuk dari pulau ini disebabkan karena pengikisan oleh laut dan angin. Angin dan laut mengikis dan membawa pasir dari bagian utara pulau ini menuju bagian selatan dan timur dari pulau ini. Hal inilah yang membuat pulau ini terus berubah dan berpindah secara perlahan setiap harinya.


Selain karena konturnya pulau ini juga menjadi unik karena populasinya. Pulau ini hanya dihuni oleh sekitar seribu orang penduduk dan setiap tahunnya dikunjungi oleh sekitar 300 ribu wisatawan. Hal ini menjadikan pulau ini dihuni oleh lebih banyak wisatawan daripada penduduk lokal pada saat musim liburan, sekitar 4000 wisatawan datang per hari pada bulan Juli dan Agustus.


Di pulau ini hanya ada sekitar 200 mobil yang diijinkan oleh pemerintah. Bagi para wisatawan kita hanya bisa menuju pulau ini dengan kapal ferri. Untuk menuju satu-satunya desa di pulau ini kita akan diangkut dengan bus. Untuk mengurangi polusi di pulau ini, sejak tahun 2013 pemerintah Belanda mengganti bus yang digunakan dengan bus listrik. Terdapat 15 hotel dan ratusan rumah yang bisa dijadikan tempat untuk menginap di pulau ini.
Sumber: tobeeinspired.blogspot.com
free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar