2012/03/14
Gulab Jamun, India

Makanan sejenis donat ternyata juga ada di berbagai negara dengan istilah dan tampilan yang berbeda. Namun prinsip dasarnya, makanan ini dibuat dari tepung, gula dan telur dengan rasa yang manis.

Mari intip, donat berbagai versi.

Tim Bits, Kanada
Tim Bist  adalah salah satu makanan yang populer di Kanada. Adonan, cara membuat, serta rasanya, sama persis dengan donat. Bedanya, tim bits hanya berukuran sebesar lubang donat.

Oliebollen, Belanda
Oliebollen adalah kue gorengan asal Belanda berisi kismis atau potongan apel dengan rasa mirip donat. Oliebollen juga dikenal di Indonesia dan sering tercantum dalam buku resep kue terbitan sejak zaman dulu.

Paccki, Polandia
Di Polandia dan negara bagian Amerika Serikat yang memiliki permukiman orang Polandia seperti Detroit, Michigan dan Milwaukee, Wisconsin, donat bundar berisi selai disebut Paczki dan merupakan hidangan istimewa di saat karnaval.

Spurgos, Lithuania
Di Lithuania dikenal sejenis donat bernama spurgos yang mirip donat Polandia dan salah satu versi yang disebut varskes spurgos menggunakan keju cottage.

Sufganiyah, Israel
Di Israel, donat berisi jelly yang disebut Sufganiyah merupakan hidangan tradisional perayaan Hanukkah.

Beignet, Perancis dan New Orleans, Louisiana.
Di dua  tempat ini dikenal kue gorengan bertabur gula halus yang disebut beignet dan mirip donat.

Churro, Spanyol dan Amerika Latin
Di sini dikenal churro yang bertabur gula halus dan mempunyai rasa mirip donat.

Malasada, Hawaii
Malasada adalah kue gorengan serupa donat di Hawaii yang mirip dengan Filhoze asal Portugal, karena memang diperkenalkan imigran asal Portugis.

Berliner,  Jerman
Di Jerman, kue serupa donat dengan isi selai disebut Berliner, sedangkan di kota Berlin dikenal dengan sebutan Pfannkuchen. Di Jerman sebelah selatan, Berliner yang dikenal dengan sebutan Krapfen merupakan kue untuk menyambut festival (Karneval atau Fasching) sekaligus hidangan malam Tahun Baru di Jerman sebelah timur.

Loukoumades, Yunani
Loukomades  adalah makanan yang biasa disajikan saat festival atau karnaval di Yunani. Setelah digoreng, kue ini disiram dengan sirup madu dan ditaburi gula, kacang, atau biji wijen.

Gulab Jamun, India
Di India ada Gulab Jamun, kue manis yang biasa disajikan di pesta pernikahan. Dimakan dalam keadaan hangat

Frittole, Venezia, Itali
Frittole adonannya mirip dengan donat, namun kemudian dicampur dengan buah-buahan kering dan kulit jeruk sebelum digoreng dan disajikan saat karnaval besar.

Sumber free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar