2012/07/12
'Bob Marley' yang ini tak bisa bernyanyi reggae - Saat mendengar nama Bob Marley, Anda pasti membayangkan musik reggae, rambut gimbal, dan warna merah kuning hijau. Lalu apa yang akan Anda bayangkan saat mendengar nama Gnathia Marleyi? Jangan salah, dia bukan keturunan atau anggota keluarga Marley. Makhluk ini juga tak bisa bernyanyi.





Gnahia Marleyi yang ditemukan oleh ahli biologi kelautan Arkansas State University, Paul Sikkel, ini tak lain adalah sejenis parasit pengisap darah yang banyak tinggal bersama ikan-ikan di terumbu karang Laut Karibia.
Sebenarnya parasit ini telah ditemukan 10 tahun yang lalu di Pulau Virgin Amerika Serikat, namun baru akhir-akhir ini peneliti menamakannya "Gnathia Marleyi".
Sikkel mengatakan pada CBS News (11/07) bahwa penamaan ini untuk menunjukkan rasa hormat dan kekagumannya pada musisi Bob Marley yang meninggal pada 1981.
Berdasarkan National Science Foundation, makhluk ini merupakan spesies baru yang berasal dari keluarga gnathiids, yaitu parasit yang biasa hidup di terumbu karang dan hidup dengan mengisap darah. Parasit ini juga biasa hidup bersama ikan-ikan di terumbu karang Laut Karibia.
Tak hanya Bob Marley, peneliti juga pernah menamai serangga berdasarkan nama musisi Beyonce dan komedian Stephen Colbert.
Kira-kira, jika ada penemuan lagi, musisi siapa lagi yang akan menyumbangkan namanya ya?

free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar