2012/09/10
5 Tumbuhan karnivora yang bisa Anda tanam

Bosan dengan jenis tanaman seperti mawar, bonsai, atau yang lain? Mungkin Anda akan tertarik dengan tumbuhan karnivora yang memakan serangga. Yuk simak lima jenis tanaman karnivora eksotis untuk kebun seperti yang dilansir Boldsky (01/09) ini.
DroseraDrosera paling cocok ditanam di tempat beriklim tropis. Namun ada juga beberapa spesies bunga dengan tentakel ini yang ditanam pada suhu dingin. Cahaya matahari dan air bersih adalah syarat utama menumbuhkan drosera. Baunya manis dan tentakel pada bunganya bermanfaat menarik perhatian serangga. Tentakel tersebut kemudian bergerak menangkap serangga yang mendekat untuk dimakan.
NepenthesNepenthes biasa disebut dengan kantong semar di Indonesia. Ada banyak bentuk kantong semar yang bisa dipilih sesuai selera. Tumbuhan karnivora ini juga membutuhkan suhu yang hangat agar bisa berkembang biak. Kantong semar menangkap mangsanya dengan cara memproduksi cairan yang membuat serangga terjebak.
UtriculariaInilah tumbuhan karnivora yang bisa ditanam di kebun dalam keadaan suhu apapun. Namun utricularia membutuhkan air bersih agar bisa tetap tumbuh. Jadi tanam mereka di luar ruangan agar bisa mendapat siraman air hujan. Tumbuhan karnivora ini memanfaatkan kandung kemih untuk menangkap mangsa. Ada rambut kecil yang menempel di bunga yang bertugas sebagai perangkap bagi serangga yang mendekat.
PinguiculaPinguicula memiliki daun yang lengket untuk menangkap serangga. Mereka bisa tumbuh di suhu tropis hingga dingin. Bunga pinguicula indah dengan warna terang seperti violet dan merah muda.
Venus FlytrapDengan nama latin Dionaea muscipula, Venus Flytrap membutuhkan iklim lembap untuk bisa berkembang biak dengan baik. Tumbuhan ini merupakan salah satu varietas yang paling populer di antara tanaman karnivora yang lain.
Nah, kalau Anda menginginkan pemandangan yang berbeda di kebun, coba tanam tumbuhan karnivora yang sudah disebutkan di atas!

Sumber: merdeka.com
free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar