2012/09/16
Yuk, timbang berat badan dengan benar!

Timbangan badan selalu jadi musuh terbesar orang yang sedang menjalani diet atau berusaha mengurangi berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa berat badan tubuh selalu berubah-ubah dalam sehari. Berat badan Anda di pagi hari bisa berbeda dengan berat badan di siang dan malam hari. Ini bukan berarti berat badan Anda bertambah.
Berat badan yang Anda lihat pada timbangan juga tidak menunjukkan berat badan akurat setelah Anda makan atau minum. Untuk itu, penting memahami beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan berat badan saat menimbang badan. Beberapa hal ini adalah panduan untuk menggunakan timbangan badan dengan benar, seperti dilansir oleh Huffington Post (30/08).
1. Perhatikan konsistensi
Jika ingin benar-benar mengetahui berapa banyak berat badan yang berkurang, pastikan Anda menimbang berat badan pada waktu yang sama setiap harinya. Misalkan setiap pukul tujuh pagi. Catat perubahan berat badan setiap hari. Di akhir minggu, jumlahkan semuanya, kemudian cari rata-ratanya. Itulah jumlah yang paling tepat dari perubahan berat badan Anda.
2. Jangan timbang berat badan setelah makan malam di luar
Anda hanya akan menyiksa diri sendiri. Semua makanan di restoran dipenuhi dengan garam, lemak, dan gula. Jika Anda menimbang berat badan setelah makan di luar, maka bisa dipastikan berat badan Anda akan meningkat dengan drastis. Hal ini disebabkan jumlah gula darah yang meningkat akibat makanan restoran yang Anda makan.
3. Hitung juga cairan yang dikonsumsi
Memang sulit untuk mempertimbangkan jumlah cairan yang dikonsumsi secara akurat, namun dua gelas air ukuran delapan ons bisa menjadi satu pon berat badan. Jadi, setelah minum beberapa galon air putih jangan kaget kalau tiba-tiba berat badan Anda bertambah. tetapi jangan khawatir, karena air bisa dengan mudah diolah oleh tubuh dan dialirkan ke seluruh tubuh.
4. Jangan hindari timbangan
Menimbang berat badan setiap hari bukan hal buruk jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan. Selalu mengecek berat badan bisa membuat Anda selalu termotivasi. Berdasarkan National Weight Control Registry, 75 persen orang yang berhasil menurunkan berat badan menimbang berat badan mereka setiap hari. Sementara berdasarkan penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan Journal of Nutrition and Dietetics menyimpulkan bahwa orang yang berhasil mengurangi berat badan dan mengecek berat badan mereka setiap hari tak mudah gemuk kembali.
Itulah tips menggunakan timbangan badan dan mengetahui berat badan dengan tepat. Selain mengukur berat badan setiap hari, jangan lupa juga untuk selalu berolahraga dan makan-makanan sehat agar diet Anda berhasil. Selamat mencoba!
Sumber: merdeka.com
free counters

About Me

Perkenalkan saya seorang blogger pemula yang ingin berbagi informasi unik aneh dan menarik. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat

0 komentar